BAGAIMANA CARA MEMBUAT REVIEW SEBUAH JURNAL/PAPER

Jurnal ilmiah atau paper ilmiah adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Bila dikaitkan dengan kata ilmiah di belakang kata jurnal dapat terbitan berarti berkala yang berbentuk pamflet yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang saat diterbitkan. (buku pegangan gaya penulisan, penyunting dan penerbitan karya ilmiah indonesia, karya Mien A.Rifai, Gajah Mada University, 1995, h.57-95).

Dalam memilih karya ilmiah atau paper ilmiah yang berstandar internasional harus diperhatikan sumber nya yang umum untuk dipakai sebagai referensi ilmiah khususnya bidang teknik seperti IEEE, ACM, Science Direct dan masih banyak yang lainnya.

Harap dibedakan antara jurnal, artikel atau tutorial. Untuk melihat perbedaan yang paling gampang dari jumlah halaman nya dimana untuk jurnal dibatasi sesuai dengan organisasi yang memuat jurnal ilmiah tersebut. Jurnal memiliki judul dan nama penulis berikut alamat email serta asal organisasi penulis dilanjutkan dengan abstract yang berisi ringkasan dari isi jurnal. Setelah itu introduction, metodelogi yang dipakai sebelumnya dan metodelogi yang diusulkan, implementasi/experience, conclusion/kesimpulan dan references.

Untuk mereview sebuah jurnal ilmiah atau paper ilmiah terlebih dahulu kita membaca keseluruhan dari isi jurnal/paper tersebut dan tahap selanjutnya kita mencoba untuk menuliskan kembali dengan bahasa sendiri pengertian dari jurnal/paper tersebut.

Berikut contoh jurnal/paper yang belum direview : ImageThresholding

Berikut contoh jurnal/paper yang sudah direview : Review Paper

Penjelasan lebih lengkap apa saja yang harus diperhatikan pada saat melakukan literatur review bisa dilihat pada link di bawah ini.

https://asnugroho.wordpress.com/2008/09/24/mereview-paper-2/

Semoga tulisan ini membantu bagi mahasiswa/i yang akan melakukan review paper.

Regrads,

Abdul Kadir

About these ads

Tentang Blog Kuliah TIK

Lahir di Pangkalan Berandan Sumatera Utara dan besar di Lhokseumawe Aceh Utara. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Komputer di IST "AKPRIND" Yogyakarta dan saat ini sedang menyelesaikan program magister Teknik Informatika di ITS Surabaya.
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Materi Kuliah S1. Tandai permalink.

26 Balasan ke BAGAIMANA CARA MEMBUAT REVIEW SEBUAH JURNAL/PAPER

  1. AGus Dwi berkata:

    bagus buat para peneliti nih..thanks

  2. Fitra berkata:

    Terimakasih pak abdul, oh ya pak abdul kalau kita membuat review dari 2 jurnal atau beberapa jurnal kemudian kita jadikan 1 kesimpulan dari jurnal yang kita bandingkan. bagaimana metodenya pak ?

    • Blog Kuliah TIK berkata:

      salam kenal,

      kamu bisa browsing di google dengan menggunakan kata kunci “journal accounting and banking type pdf”
      kalau sudah keluar hasilnya pilih lah situs yang resmi karena ada beberapa situs yg tidak resmi di dalam mengeluarkan sebuah jurnal.

      tks,
      Abdul Kadir

  3. Aldie Invidem't berkata:

    terima kasih mas atas artikelnya, sangat membantu. . .

  4. fischa amila berkata:

    aku baru mengawali menulis journal ,minta tolong donk gmana urut2annya membuat journal,saya ingin menulis tentang mteri kuliah.mohon bantuannya.terimakasih

    • Blog Kuliah TIK berkata:

      salam kenal,

      membuat jurnal memang ada aturan nya masing2 dan biasanya itu sudah ada standarisasi nya seperti jurnal IEEE, science direc atau jurnal2 yang lain. Urutan umum sebuah jurnal biasanya terdiri dari judul dan dibawahnya ada nama penulis dan instansi dimana penulis berasal dan alamat email, selanjutnya dimulai dengan abstrak yang berisikan gambaran ringkas dari isi jurnal setelah itu dimulai dengan bagian pendahuluan atau latar belakang penelitian yang kita angkat di jurnal, metodelogi yang digunakan, percobaan atau eksperimen yang kita lakukan dan hasil analisa nya bisa berupa grafik atau program dan diakhiri dengan kesimpulan dan daftar referensi. kalau mau ditambah biografi penulis juga tidak apa2 kalau itu memnag tugas utk kuliah.
      Itu saja penejelasan dari saya semoga bermanfaat.

      tks,
      Abdul Kadir

  5. titis berkata:

    saya mendapat tugas mencari materi mengenai “cara/tips/trik/langkah-langkah menganalisis jurnal” nah mohon bimbingannya untuk melakukan analisis jurnal tersebut yg seperti apa? Terimakasih

  6. maxsoem berkata:

    terima kasih bang, sangat membantu untuk menyelesaikan tugas writing saya.. keep share :)

  7. Ping-balik: BAGAIMANA CARA MEMBUAT REVIEW SEBUAH JURNAL/PAPER

  8. Ping-balik: BAGAIMANA CARA MEMBUAT REVIEW SEBUAH JURNAL/PAPER

  9. hana tazkiya berkata:

    trimakasih… menambah wawasan ;)

  10. Sketsa berkata:

    terimakasih atas informasinya…sangat bermanfaat.

  11. Dhea Lupa Napas berkata:

    pak klo misal kita disuruh dosen buat abstraknya aja nah trus disuruh ngereview.. berarti kita hanya perlu review..berarti kita kan hanya mereview abstraknya aja kan

    • Blog Kuliah TIK berkata:

      Salam kenal,
      bisa jadi maksud dosen tersebut bukan mereview abstrak tapi anda disuruh mereview jurnal danmembuat nya dalam abstrak.
      Semoga membantu.

      Rgds,
      Abdul Kadir Syamsuir

  12. putu dedy berkata:

    pak saya di suruh dosen utk mereview jurnal terus disuruh kasi pndapat mengenai jurnal tsb setuju ato tidak. gmn tu pak, saya bingung?.

    • Blog Kuliah TIK berkata:

      Salam kenal Putu,

      Tidak usah bingung karena inti nya mereview jurnal adalah kita membaca secara keseluruhan jurnal yang mau direview dan selanjut nya kita menilai apakah jurnal tersebut memiliki kelebihan atau kekurangan nya disesuaikan dengan bidang ilmu yang diteliti.
      Pendapat untuk setuju atau tidak harus dilandasi dengan ilmu yang kita miliki untuk menilai nya serta referensi yang kita miliki.

      Rgds,
      Abdul Kadir Syamsuir

  13. qiu berkata:

    terima kasih banyak pak atas artikelnya… saya mendapat tugas untuk membuat critical review jurnal,, dan masih bingung bagaimana format seharusnya..

    • Blog Kuliah TIK berkata:

      salam kenal,

      untuk format jurnal memang ada beberapa macam bentuk nya, ada yang satu kolom dan ada juga yang dua kolom tergantung dari mana jurnal tersebut dikeluarkan. Untuk bidang teknik seperti IEEE biasa nya menggunakan format 2 kolom.

      Rgds,
      Abdul Kadir Syamsuir

  14. emma berkata:

    saran yang sangat membantu

Komentar ditutup.