BAGAIMANA CARA MEMBUAT REVIEW SEBUAH JURNAL/PAPER

Jurnal ilmiah atau paper ilmiah adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Bila dikaitkan dengan kata ilmiah di belakang kata jurnal dapat terbitan berarti berkala yang berbentuk pamflet yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang saat diterbitkan. (buku pegangan gaya penulisan, penyunting dan penerbitan karya ilmiah indonesia, karya Mien A.Rifai, Gajah Mada University, 1995, h.57-95).

Dalam memilih karya ilmiah atau paper ilmiah yang berstandar internasional harus diperhatikan sumber nya yang umum untuk dipakai sebagai referensi ilmiah khususnya bidang teknik seperti IEEE, ACM, Science Direct dan masih banyak yang lainnya.

Harap dibedakan antara jurnal, artikel atau tutorial. Untuk melihat perbedaan yang paling gampang dari jumlah halaman nya dimana untuk jurnal dibatasi sesuai dengan organisasi yang memuat jurnal ilmiah tersebut. Jurnal memiliki judul dan nama penulis berikut alamat email serta asal organisasi penulis dilanjutkan dengan abstract yang berisi ringkasan dari isi jurnal. Setelah itu introduction, metodelogi yang dipakai sebelumnya dan metodelogi yang diusulkan, implementasi/experience, conclusion/kesimpulan dan references.

Untuk mereview sebuah jurnal ilmiah atau paper ilmiah terlebih dahulu kita membaca keseluruhan dari isi jurnal/paper tersebut dan tahap selanjutnya kita mencoba untuk menuliskan kembali dengan bahasa sendiri pengertian dari jurnal/paper tersebut.

Berikut contoh jurnal/paper yang belum direview : ImageThresholding

Berikut contoh jurnal/paper yang sudah direview : Review Paper

Penjelasan lebih lengkap apa saja yang harus diperhatikan pada saat melakukan literatur review bisa dilihat pada link di bawah ini.

https://asnugroho.wordpress.com/2008/09/24/mereview-paper-2/

Semoga tulisan ini membantu bagi mahasiswa/i yang akan melakukan review paper.

Regrads,

Abdul Kadir

26 thoughts on “BAGAIMANA CARA MEMBUAT REVIEW SEBUAH JURNAL/PAPER

  1. terima kasih banyak pak atas artikelnya… saya mendapat tugas untuk membuat critical review jurnal,, dan masih bingung bagaimana format seharusnya..

    Suka

    1. salam kenal,

      untuk format jurnal memang ada beberapa macam bentuk nya, ada yang satu kolom dan ada juga yang dua kolom tergantung dari mana jurnal tersebut dikeluarkan. Untuk bidang teknik seperti IEEE biasa nya menggunakan format 2 kolom.

      Rgds,
      Abdul Kadir Syamsuir

      Suka

  2. pak saya di suruh dosen utk mereview jurnal terus disuruh kasi pndapat mengenai jurnal tsb setuju ato tidak. gmn tu pak, saya bingung?.

    Suka

    1. Salam kenal Putu,

      Tidak usah bingung karena inti nya mereview jurnal adalah kita membaca secara keseluruhan jurnal yang mau direview dan selanjut nya kita menilai apakah jurnal tersebut memiliki kelebihan atau kekurangan nya disesuaikan dengan bidang ilmu yang diteliti.
      Pendapat untuk setuju atau tidak harus dilandasi dengan ilmu yang kita miliki untuk menilai nya serta referensi yang kita miliki.

      Rgds,
      Abdul Kadir Syamsuir

      Suka

    1. Salam kenal,
      bisa jadi maksud dosen tersebut bukan mereview abstrak tapi anda disuruh mereview jurnal danmembuat nya dalam abstrak.
      Semoga membantu.

      Rgds,
      Abdul Kadir Syamsuir

      Suka

Komentar ditutup.