Indonesia Tanah Air ku……

indonesia

Baru saja berlalu perayaan ulang tahun kemerdekaan yang ke 71 tahun….untuk orang yang berusia 71 tahun adalah usia yang sudah cukup makan asam garam serta pahit manis nya kehidupan. Namun itu tidak berlaku untuk negara ku Indonesia. Semakin tua negara ku semain memprihatinkan.

Masih terbayang sebuah tulisan di belakang kendaraan saat aku melintasi jalanan di kota medan yang kalau direnungi ada benarnya juga. Tulisannya ‘Indonesia tanah air ku….tanah disewa air di beli….’

Setuju atau tidak dengan tulisan itu tapiada benarnya….karena saat ini kita sebagai warga negara Indonesia seperti sudah tidak memiliki negara lagi….zemua serba mahal dan tak terbeli. Negara asing sudah kembali menjajah kita dari segala bidang baik ekonomi,pendidikan,dan kebutuhan pokok hidup kita. Mungkin hanyanudara saja yang masih gratis kita nikmati….tapi sebentar lagi mau udara sudah bayar.

Jadi apa arti merdeka 71 tahun kalau saat ini kita masih juga dijajah….? kita masih menjadi tamu di negara sendiri. Yang kaya semakin kaya dan yang miskin bertambah banyak. Indonesia hanya dinikmati segelintir orang yang itupun status kewarganegaraannya diragukan. Sementara orang orang pintar yang ada diluar negeri yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi tidak dianggap dan diasingkan….para blasteran dianak kandungkan….kemana negeriku Indonesia….? kemana kita harus mengadu…?

mungkin benar kata ebiet g ade tanyakanlah pada rumput yang bergoyang….seiring waktu sejarah akan mencatat semua hal ini….dan kita hanya tinggal kenangan seperti bait lagu tanah air indonesia…….

medan, 30 Agustus 2016

penulis