Buat Startup (tidak) mudah?

Jujur penulis katakan bahwa membangun startup di Indonesia tidaklah mudah, karena banyak hal hal yang tidak mendukung diantaranya :

  1. Infrastruktur
  2. Regulasi
  3. sdm

Pertama dari segi infrastruktur IT di Indonesia masih belum siap sehingga kebanyakan startup yang ada hanya mengikuti startup yang ada di luar negeri. Wajar kalau banyak startup yang muncul seperti bunga yang layu sebelum berkembang. Startup yang sekarang berkembang sudah bukan murni milik indonesia tapi sudah asing.

Kedua msalah regulasi (aturan) pemerintah yang belum jelas mengenai perkembngan industri kreatif di Indonesai. Banyak perusahaan online yang masih bingung dasar hukum kalau mereka berusaha di Indonesia. Aturan yang lambat an menghambat sering dijumpai terutama di daerh sehingga pemain startup kebanyakan dari kota kota besar di Indonesia.

Ketiga masaah sumber daya manusia nya yang belum siap untuk terjun ke dunia baru bernama startup terlebih kurangnya dukungan dari pihak pihak formal seperti kampus dan lembaga lembaga resmi di pemerintahan.

Jadi kesimpulannya masih jauh perjuangan para startup di Indonesia untuk bisa berkembang….tapi tetaplah semangat karena membuat perubahan diperlukan pengorbanan.

Semoga pengorbanan itu tdak sia sia…

 

coretan penulis..