E-Government menuju pemerintahan masa depan

egovTeknologi digital sudah semakin berkembang dan masuk kesegala bidang termasuk di pemerintahan. Suka tidak suka siap tidak siap teknologi digital akan menggantikan model tradisional yang selama ini digunakan di pemerintahan. Adalah egovernment yang menjadi topik pembahasan yang populer saat ini.

Apa itu egovernment? Pengertian egovernment sendiri adalah suatu upaya untuk menyelenggarakan pemerintahan berbasis elektronik. Ada juga yang mengartikan penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis dan hal hal lain yang berhubungan dengan pemerintahan.

Adapun keuntungan menggunakan egovernment pemerintahan dapat menjalankan sistem yang ada secara efektif,efisien dan transparan. Masyarakat dapat terlayani dengan cepat dan mudah dimana dan kapan saja.

Untuk pemerintah keuntungan yang didapat adalah dapat memotong waktu pelayanan yang lebih cepat, pengawasan yang lebih mudah serta efisiensi anggaran yang dikeluarkan.

Penulis sendiri saat ini sedang mengerjakan beberapa projek aplikasi e-government di salah satu kabupaten di sumatera utara yang akan menjadi pilot projek untuk kabupaten lainnya.

 

coretan penulis.