BUMDES ACADEMY MEMBANGUN INDONESIA MENUJU SMART DESA

5Keinginan untuk mewujudkan Good and Clean Governance merupakan salah satu agenda pokok reformasi yang diharapkan dapat dilaksanakan secara konsisten oleh Pemerintah. Untuk merealisasikan hal ini perlu unsur profesionalisme dari Aparatur Pemerintah dalam memberikan pelayanan publik. Profesionalisme disini lebih menekankan kepada kemampuan, keterampilan dan keahlian Aparatur Pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang responsif, transparan, efektif dan efisien.

Untuk mendorong terciptanya Aparatur Pemerintahan yang mampu, terampil dan profesional khususnya di daerah Pedesaan, maka selain Sumber Daya Manusia yang handal, dibutuhkan sarana dan prasarana penunjang seperti Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat mendukung percepatan pembangunan dan pelaporan data – data desa yang akurat. Sebagai Pemerintahan terkecil, desa sangat berperan penting bagi kemajuan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Lahirnya Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa sedikit membuka pintu yang selama ini menutup pembangunan desa sehingga desa tidak lagi dipandang sebelah mata.

Dengan demikian, proyeksi pembangunan desa tidak lagi diabaikan. Sehingga diharapkan Aparatur Pemerintah Desa dapat memahami, mengerti dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam menjawab kebutuhan Desa akan informasi, transparansi dan partisipasi, maka diperlukan suatu Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mampu mentransformasikan relasi-relasi dengan masyarakat, sektor swasta, dan para stakeholder.

Softwaredesa tercipta berawal dari keinginan salah satu foundernya untuk membantu program pemerintah untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian Aparatur Pemerintah khususnya pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan publik yang responsif, transparan, efektif dan efisien. Menekuni ilmu teknik informatika semenjak duduk di bangku kuliahan membuat software adalah cita-cita terbesar yang menjadi kebahagiaan apabila mampu memberikan solusi dan kemudahan untuk orang lain.
Software desa telah banyak mengalami perkembangan semenjak 3 (tiga) tahun yang lalu dengan melakukan Research and Devolepment dengan langsung terjun ke sistem pemerintahan dari pemerintahan provinsi, kabupaten, kecamatan hingga ke desa-desa. Pengalaman ini kami dapat dengan melihat secara langsung kebutuhan-kebutuhan dan keadaan administrasi atau sistem pemerintahan yang selama ini telah digunakan.
Sampai pada akhirnya kami menyimpulkan bahwa produk atau software ini memerlukan desain pola yang efektif dan efisien untuk mudah dijalankan tanpa melalui prosedur yang berbelit-belit, sekaligus bagaimana cara mudah bekerja tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk belajar dan memahami sistem yang ada. Adanya kerja sama yang kami lakukan dengan berbagai pihak membuat Software Desa melangkah jauh ke depan dengan lebih cepat dan terus mengalami permintaan karena produk kami betul-betul memberikan solusi kepada sistem pemerintahan daerah sehingga lebih mudah di jalankan, transparan, efisien dan efektif.

kami adalah salah satu pelopor penyedia software Desa pertama di Indonesia khususnya Sumatera Utara, kami memiliki database dari berbagai disiplin ilmu yang kami gunakan untuk mendukung terciptanya produk- produk software desa sehingga produk ini terus memiliki layanan yang lebih baik ke depannya.
Tuntutan untuk lebih profesional dan inovatif mendorong kami untuk membangun sebuah perusahaan bernama Software Indonesia (SOFINDO) Takdir Berjaya awal tahun 2017, dimana dalam tahun ini kami terus melaksanakan workshop-workshop penerapan aplikasi sesuai kebutuhan desa-desa setempat, seperti Aplikasi sistem terpadu Administrasi Desa (SMART DESA) dan Aplikasi Sistem Terpadu Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (SMART BUMDES) di kabupaten Tapanuli Tengah (2017), Kabupaten Nias Selatan (2017), Kabupaten Asahan (2017), Kabupaten Labuhan Batu (2017).

COORPORATE IDENTITY

CREATIVITY
Software Desa akan terus memberikan inovasi dan membuat nilai tambah untuk kemajuan desa-desa dalam mendukung tujuan negara ini yang tertuang dalam sila ke lima keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Nilai tambah ini yang membuat produk yang kami ciptakan memiliki keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor lainnya. Tanpa kreatifitas, produk yang ditawarkan akan terus begitu-begitu saja, cenderung tidak menarik, dan terlihat tidak menonjol bahkan sesuia dengan kebutuhan desa.

PROFESSIONALISM
Kami memiliki komitment untuk menjadi profesional dalam menjalankan dan mengembangkan produk kami dengan tekad dan janji diantaranya :
1. Bertanggung jawab : Artinya seorang profesional harus punya rasa tanggung jawab terhadap pelaksanaan segala hal dalam perjalanan karier dan pekerjaanya. Ia juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa orang-orang yang dilayaninya dan profesinya tidak dirugikan atas sikap dan perbuatannya. Profesional sejati akan selalu belajar meningkatkan kompetensi yang mendukung profesinya, bekerja keras dan tekun berusaha.

2. Bersikap proaktif : Rasa tanggung jawab itu membuat seorang profesional berani mengambil inisiatif untuk melakukan apa saja yang diperlukan demi mencapai standar kualitas, dalam hal ini performa atau kinerja yang tinggi. Ia mengerjakan hal-hal yang bahkan di luar job description, sepanjang itu perlu dilakukan. Tidak selalu menunggu perintah. Akan tetapi inisiatif itu hendaknya tidak berakibat mencemarkan nama baiknya, nama baik profesinya, atau merugikan kepentingan masyarakat luas.

3. cinta pada pekerjaan : Seorang profesional memiliki passion pada apa yang dikerjakannya. Uang atau penghasilan bukanlah tujuan utama. Seseorang yang mengawali karier hanya demi mengejar keuntungan saja, maka ia tidak akan pernah maju. Kalaupun ia bisa mencapai posisi yang tinggi, ia tidak akan pernah merasa bahagia dalam pekerjaannya. Kerja akan terasa sebagai kewajiban yang membosankan, meresahkan dan menyiksa. Selain itu, cinta juga bisa berarti adanya rasa kepedulian terhadap kebutuhan klien atau orang yang dilayani.

4. Kesetiaan Dan loyalitas : Atas dasar cinta tersebut, profesional sejati menunjukkan kesetiaan pada profesi yang dipilihnya. Untuk itu ia akan memperjuangkan dan mempertahankan nama baik profesi agar tidak tercemar oleh kata, sikap dan tindakannya sehari-hari. Ia bertindak hati-hati dan penuh perhitungan, mendisiplin diri untuk terus menerus mengembangkan karakter yang positif.

5. Tunduk pada nilai-nilai etis : Termasuk peraturan perusahaan, peraturan perundangan, dan hukum, sepanjang norma yang berlaku itu sesuai dengan hati nurani. Untuk itu profesional sejati punya integritas yang kokoh.

6. Mau belajar dari kesalahan : Tak ada orang yang steril dari berbuat salah, setiap orang bisa saja melakukan kesalahan. Hindari bersikap arogan dan berkelit dari kesalahan. Seorang professional adalah orang yang terbuka terhadap kritik yang membangun dan terus berupaya meningkatkan diri. Ia juga melepaskan diri dari kecenderungan mencari kambing hitam dan menyalahkan orang lain.

INTEGRITY
Kami berkomitment akan terus membangun integritas perusahaan ini dengan menerapkan budaya kerja yang baik agar perusahaan ini menjadi dipercaya dan dikenal sebagai pengusaha yang Jujur, Konsisten dan dapat diandalkan.

Produk Kami

1.Sistem Terpadu Administrasi Data Desa (SMART DESA)
2.Sistem Informasi Laporan Keuangan Desa (SMART KADES)
3.Sistem Informasi Akuntansi Keuangan BUMDES (SMART BUMDESA)
4.Sistem Koperasi Desa Efektif (SMART KODESTIF)
5.Sistem Monitoring Aset Desa (SMART MONADES)
6.Sistem Informasi Penyusunan RPJM Desa (SMART RPJMDES)
7.Sistem Informasi Manajemen Bisnis Desa (SMART BISDES)
8.Sistem Informasi Pertanahan Desa (SMART TADES)
9.Sistem Informasi Administrasi PBB Desa (SMART PADES)

4Sistem Terpadu Administrasi Data Desa (SMART DESA)

a). Pengguna sistem aplikasi dapat melihat secara update data – data pertumbuhan penduduk, seperti jumlah penduduk desa dan Kabupaten, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pileg, Pilpres, Pilkada maupun Pilkades, jumlah penduduk desa dan Kabupaten berdasarkan parmeter yg ada seperti agama, suku, pendikan, pekerjaan, golongan darah, dll , jumlah penduduk desa dan Kabupaten berdasarkan kombinasi dari 1 atau lebih parameter (sesuai dari parameter yang ada)
b). Penggunaan sistem aplikasi dapat melihat secara update arsip surat masuk dan surat keluar
c). Pengguna sistem aplikasi dapat melihat seluruh arsip format surat kependudukan
d). Pengguna sistem aplikasi dapat melihat secara update pertumbuhan pembangunan desa
e). Pengguna sistem aplikasi ini dapat melihat secara update pertumbuhan inventaris proyek desa
f). Pengguna sistem aplikasi dapat melihat secara update rencana pembangunan desa
g. )Pengguna sistem aplikasi dapat melihat secara update Grafik Pertumbuhan Penduduk, yang antara lain :
a). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Kelompok Umur
b). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Pekerjaan
c). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Pendidikan
d). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Agama
e). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Suku
f). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Dapat Membaca Huruf
g). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Golongan Darah
h). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Status Perkawinan
i). Grafik Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Dusun

SMART BUMDES

3Sistem Informasi Akuntansi Keuangan BUMDES (SMART BUMDES)
1). Dengan menggunakan SIKABUMDES, maka pengguna sistem aplikasi tidak perlu melakukan penjurnalan manual, karena oleh SIKABUMDES telah dilakukan penjurnalan secara otomatis.
2). Dengan menggunakan SIKABUMDES, maka pengguna sistem aplikasi dapat melihat secara update otomatis Laporan Laba Rugi berdasarkan periode yang dipilih dan itu dilakukan oleh SIKABUMDES secara otomatisasi ketika transaksi kita masukkan melalui SIKABUMDES tanpa melakukan proses penjurnalan manual.
3). Dengan menggunakan SIKABUMDES, maka pengguna sistem aplikasi dapat melihat secara update otomatis Laporan Neraca BUMDes tanpa melakukan proses penjurnalan manual.
4). Dengan menggunakan SIKABUMDES, maka pengguna sistem aplikasi dapat melakukan pemeliharaan pada masing – masing Akun Kode Rekening.
5). Dengan menggunakan SIKABUMDES, maka pengguna sistem aplikasi dapat melakukan pembukuan transaksi melalui Transaksi Arus Kas Masuk dan Arus Kas Keluar.

PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

2Setelah sekian lama berkecimpung dalam pembuatan produk perangkat lunak, hingga sekarang berkesempatan ikut mengembangkan kebutuhan akan sistem informasi dalam bentuk aplikasi atau software di desa-desa yang ada indonesia kami telah banyak menganalisa dan meneliti bahwa tidak cukup hanya dengan alat saja untuk bisa mewujudkan tujuan akan desa yang maju dan mandiri, akan tetapi harus ada pendamping atau pelatih untuk bisa meningkatkan ketrampilan, keahlian serta mampu menggali potensi orang-orang yang bekerja atau mengelola didalamnya.

Pengalaman kami membangun usaha mulai tahun 2008 jatuh bangun hingga sekarang menjadi modal kuat dan menjadi resep kunci sukses yang bisa di duplikasikan ditambah banyak jaringan yang bisa kami gandeng dengan telah banyaknya kami bergabung dengan komunitas pengusaha di indonesia membuat kami semakin yakin bahwa kami hadir bukan saja menjadi solusi untuk kebutuhan akan produk sistem informasi di desa tetapi kami hadir juga sebagai konsultan, mentor bahkan sebagai pelatih yang siap bersama-sama membantu akan terwujudnya desa yang maju dan mandiri.

PROGRAM BUMDES ACADEMY

mapBUMDES ACADEMY adalah program inkubator yang akan kami jalankan untuk bisa menempah pengelola-pengelola calon pengusaha yang ada di Bumdes secara berkala dengan berbagai program diantaranya :
1. Tour Bisnis : Dalam mengelola bisnis perlu adanya bench marking atau percontohan yang nantinya bisa di duplikasi dalam bisnisnya sehingga kita tampa harus mengalami kegagalan yang besar karena sudah belajar dan melihat langsung dari orang yang sudah sukses dan menjalani.
2. Workshop dan Camp : dilaksanakan secara terjadwal setiap perbulannya selama satu tahun untuk peningkatan ketrampilan yang dibutuhkan pelaku bisnis atau pengelola usaha bumdes.
3. Academy Preneur : masing-masing bumdes bisa mengirimkan perwakilannya untuk ditempah ilmu bisnis dengan jangka waktu 3 – 6 bulan dengan sistem karantina ataupun kursus.

PROGRAM BUMDES MART

2Setelah program BUMDES ACADEMY berhasil dijalankan dan pengelola dianggap mampu dan memliki kapasitas mengelola dan meningkatkan penjualan kami merasa ini saja tidak cukup, program yang selanjutnya menurut kami penting adalah menyediakan media atau lapak jualannya yang bisa terhubung ke seluruh indonesia bahkan dunia, karena tidak dipungkiri penjualan secara konvensional hari ini semakin ditinggalkan untuk ini kami memiliki program menyediakan ataupun membangun market place bernama BUMDES MART khusus produk-produk yang dimiliki bumdes di indonesia sehingga peninigkatan penjualan produk dan jasa yang dimiliki seluruh Bumdes di iIndonesia akan semakin dikenal dan meningkat.

PORTOFOLIO

•Bimbingan Teknis Software Koperasi LKMS, Kab Asahan (2016)

•Pelatihan dan Workshop Software Laporan Keuangan Desa (SIKADES), Kab Asahan (2016)

•Pelatihan dan Workshop Sistem Informasi Akuntansi Keuangan BUMDes (SMARTBUMDES), Kab Asahan (2016)

•Pelatihan dan Workshop Sistem Informasi Akuntansi Keuangan BUMDes (SMARTBUMDES), Kab Tapanuli Tengah (2017)

•Pelatihan dan Workshop Sistem Terpadu Administrasi Data Desa (SMART DESA), Kab Tapanuli Tengah (2017)

•Pelatihan dan Workshop Sistem Informasi Akuntansi Keuangan BUMDes (SMARTBUMDES), Kab Nias Selatan (2017)

•Pelatihan dan Workshop Sistem Informasi Akuntansi Keuangan BUMDes (SMARTBUMDES), Kab Labuhan Batu (2017)

1

LEGALITAS

1.Nama Perusahaan : CV. SOFINDO TAKDIR BERJAYA
2.NPWP : 54.300.537.5-125.000
3.Nomor Akta : 02
4.Alamat : Jl. Darussalam No. 101 C Medan
5.No Telepon / HP : 0821 6405 7424
6.Email : softwaredesaindonesia@gmail.com
7.Website : http://www.softwaredesa.com
8.Produk & Jasa :
1)E – GOVERMENT (EGOV)
2)E – RESTO (Aplikasi Service dan Manajemen Restorant)
3)RUN SYSTEM (SOFTWARE ERP)
4)SOFTWARE DESA

(Penulis : Abdul Kadir Syamsuir, CEO Sofindo Takdir Berjaya, Relawan TIK SumateraUtara, Praktisi dan Konsultan IT, Technopreuneur)

Iklan