Aplikasi Sistem Monitoring Aset Desa menjadikan Desa Smart dan Mandiri

15PENGERTIAN & RUANG LINGKUP

 Salah satu tujuan pengaturan Desa: mendorong prakarsa, gerakan, dan partisipasi masyarakat Desa untuk pengembangan potensi dan Aset Desa guna kesejahteraan bersama (UU Desa Psl.4)
 Aset Desa adalah barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli Desa, dibeli atau diperoleh atas beban APB Desa atau perolehan hak lainnya yang sah
 Barang Milik Desa adalah kekayaan milik Desa berupa barang bergerak dan barang tidak bergerak.

Aset milik desa dapat berupa tanah kas Desa, tanah ulayat, pasar Desa, pasar hewan, tambatan perahu, bangunan Desa, pelelangan ikan, pelelangan hasil pertanian, hutan milik Desa, mata air milik Desa, pemandian umum, dan aset lainnya milik Desa (UU Desa,Psl 76)
 Sedangkan aset lainnya milik Desa antara lain:
 Kekayaan Desa yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;
 Kekayaan Desa yang diperoleh dari hibah dan sumbangan atau yang sejenis;
 Kekayaan Desa yang diperoleh sebagai pelaksanaan dari perjanjian/kontrak dan lain-lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
 Hasil kerja sama Desa; dan
 Kekayaan Desa yang berasal dari perolehan lainnya yang sah.

(sumber : modul 4 konsolidasi aset)

Landasan Hukum

Pemerintah kembali mengeluarkan peraturan tentang aset Desa. Aset Desa ini diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 tahun 2016 yang diterbitkan pada 15 Januari 2016.

Keunggulan dan fitur Sistem Monitoring Aset Desa

  1. Dengan menggunakan aplikasi aset desa, maka Buku Inventaris Aset Desa secara otomatis akan terbentuk berdasarkan periode tahun.
    2.  Adanya fasilitas Data Query yang cepat, akurat dan valid.
  2. Dengan menggunakan aplikasi aset desa, maka pengguna sistem aplikasi dapat melakukan Rekapitulasi Daftar Mutasi Aset sesuai dengan kelompok Golongan Aset.
  3. Adanya fasilitas Tambahan File Gambar sebagai Bukti Aset Desa.
  4. Adanya fasilitas Penghapusan Data Aset.

Tampilan Menu Sistem Monitoring Aset Desa

Galery Pelatihan Sistem Monitoring Aset Desa

(Penulis : Abdul Kadir Syamsuir, CEO Sofindo, Praktisi IT & Technopreuneur)

Iklan